WAHYUDI, ARI CATUR (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI KSPPS BMT BAHTERA PEKALONGAN (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Sorogenen Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4218031_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text
4218031_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4218031_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kualitas layanan dan citra Perusahaan terhadap minat menabung di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Fokus penelitian ini diarahkan pada pedagang di Pasar Sorogenen Pekalongan sebagai responden, mengingat mereka merupakan salah satu segmen ekonomi yang aktif dalam kegiatan simpan pinjam. Fenomena rendahnya intensitas menabung di kalangan pedagang menjadi latar belakang penting dalam menggali sejauh mana ketiga variable independent tersebut memengaruhi Keputusan individu untuk menabung di Lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 pedagang aktif yang termasuk anggota dari KSPPS BMT Bahtera Pekalongan, dengan pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi (R2). Ketiga variable independent diukur dengan sejumlah indicator yang telah divalidasi, dan pengujian dilakukan untuk memastikan kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kualitas layanan, dan citra perusahaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pedagang di BMT Bahtera. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa keberhasilan Lembaga keuangan syariah sangat dipengaruhi oleh kemampuan membangun kepercayaan nasabah, memberikan layanan berkualitas, serta membentuk citra yang positif di mata Masyarakat. Oleh karena itu, BMT perlu memperkuat tiga aspek tersebut sebagai strategi peningkatan loyalitas dan partisipasi anggota dalam kegiatan menabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Minat menabung, BMT | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |