PERLINDUNGAN HUKUM BAGI SELLER DALAM KEBIJAKAN RETUR BARANG DI APLIKASI SHOPEE

PUTRI, NOVA RADINA (2025) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI SELLER DALAM KEBIJAKAN RETUR BARANG DI APLIKASI SHOPEE. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
NOVA RADINA PUTRI_1221065-COVER_BAB 1_BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVA RADINA PUTRI_1221065-FULL TETX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
NOVA RADINA PUTRI_1221065_LAMIRAN_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah melahirkan berbagai inovasi dalam dunia perdagangan, salah satunya adalah melalui platform e-commerce seperti Shopee. Kemudahan dalam melakukan transaksi secara online telah menarik minat banyak konsumen dan penjual (Seller), Namun di sisi lain juga memunculkan permasalahan hukum, khususnya terkait kebijakan retur barang. Kebijakan retur barang yang seharusnya melindungi konsumen dari kerugian, justru sering kali menjadi celah yang merugikan seller akibat penyalahgunaan oleh pembeli maupun lemahnya sistem pengawasan dari pihak pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum bagi seller dalam kebijakan retur barang di aplikasi Shopee, serta meninjau kebijakan tersebut dari perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris dengan pendekatan normatif. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dengan seller Shopee, serta dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan berupa buku, jurnal penelitian, maupun hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Shopee dalam memenuhi hakhak seller pada prinsipnya telah sejalan dengan ketentuan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dan Shopee telah menetapkan kebijakan retur untuk melindungi hak-hak konsumen dan seller. Namun, dalam implementasinya, perlindungan hukum terhadap seller belum berjalan secara optimal. Beberapa kendala utama yang ditemukan antara lain adalah proses retur yang tidak transparan, lambatnya penanganan komplain, serta kurangnya verifikasi terhadap barang yang diretur. Kondisi tersebut sejalan dengan tinjauan hukum Islam atau fikih muamalah, yang menilai bahwa meskipun retur Shopee sesuai prinsip iqalah dan khiyar, pelaksanaannya masih menyimpang dari nilai keadilan dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAryu Inayati, AnindyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Seller, Retur, Shopee
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:21
Last Modified: 21 Jul 2025 01:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item