Latifah, Lutfiyana (2025) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB PRI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521053_Cover BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3521053_Full Text Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3521053_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Lutfiyana Latifah. 2025. “Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB PRI Kota Pekalongan”. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Islami, Kemandirian, Siswa Tunagrahita Ringan. Siswa tunagrahita ringan memiliki keterbatasan dalam kemampuan berpikir yang memengaruhi kemandirian mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Di SLB PRI Kota Pekalongan, upaya untuk mengembangkan kemandirian siswa dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islami. Pendekatan Islami dipilih karena mengandung nilai-nilai agama yang dapat menanamkan kebiasaan baik, membentuk sikap tanggung jawab, serta menumbuhkan kepercayaan diri agar siswa mampu berlatih mandiri sesuai kapasitasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB PRI Kota Pekalongan? (2). Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islami siswa tunagrahita ringan dalam mengembangkan kemandirian di SLB PRI Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk, (1). Untuk mengetahui kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB PRI Kota Pekalongan. (2). Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islami siswa tunagrahita ringan dalam mengembangkan kemandirian di SLB PRI Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan guru pembimbing dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB PRI Kota Pekalongan pada awalnya masih tergolong rendah, terlihat dari perilaku yang kurang mandiri dalam aktivitas sehari-hari, sering bergantung pada bantuan orang lain, pasif dan tidak berusaha untuk mandiri, serta tidak berinisiatif sellu menunggu arahan. Setelah mengikuti bimbingan kelompok Islami secara rutin, siswa mulai memperlihatkan perubahan sikap ke arah yang lebih mandiri. Kegiatan bimbingan dilaksanakan secara bertahap melalui tahap pembentukan, peralihan, kegiatan inti, dan pengakhiran, dengan metode diskusi, praktik, tanya jawab, dan pembiasaan nilai-nilai Islami. Dalam pelaksanaannya, guru membimbing dengan penuh kesabaran, memberi contoh langsung, dan membangun komunikasi yang mudah dipahami sehingga siswa merasa didukung untuk berkembang sesuai kemampuan masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok Islami, Kemandirian, Siswa Tunagrahita Ringan. | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:31 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |