Habibarussa'adah, Habibarussa'adah (2025) Implementasi metode fashohati dalam optimalisasi pembelajaran membaca al-qur’an di TPQ Nurul Huda 2 Desa Banjarsari Kec. Talun, Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
HABIBATUSSAADAH 2121246 SEKRIPSI (1) (1).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN Habibah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1 DAN BAB 5 HABIBAH E THESIS.pdf Download (484kB) |
Abstract
Pendidikan Al-Qur’an memiliki peranan yang sangat penting, sebagaimana tercermin dalam tujuan utamanya, yaitu menanamkan kemampuan membaca AlQur’an secara baik dan benar. Dikarenaan Al-Qur’an adaah sebagai kitab pedoman unat islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, berbagai strategi pembelajaran AlQur’an telah dikembangkan dan diterapkan, termasuk melalui beragam metode yang tersedia saat ini. Keberagaman metode tersebut memungkinkan para pendidik memilih pendekatan yang sesuai dan mudah dipahami oleh peserta didik, khususnya anak-anak. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini mencakup bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi metode Fashohati dalam optimalisasi pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda 2 Desa Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara menyeluruh tahapan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari implementasi metode Fashohati di TPQ tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sementara itu, teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi metode Fashohati dilakukan melalui proses identifikasi santri, pengklasifikasian berdasarkan kemampuan membaca, serta penyediaan media dan sarana pendukung pembelajaran. Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap klasikal dan tahap individual. Sementara itu, evaluasi dilakukan secara berkala, yaitu pada pertengahan semester dan akhir semester, guna mengetahui capaian kemampuan santri dan menilai efektivitas metode yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode fashohati, optimalisasi pembelajaran al-qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:42 | ||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |