Nilai-Nilai Bimbingan Akhlak Dalam Film Serial Animasi Ibra Berkisah

Lia Safitri, Khaerunnisa (2025) Nilai-Nilai Bimbingan Akhlak Dalam Film Serial Animasi Ibra Berkisah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521009_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521009_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Film serial animasi merupakan tontonan favorit anak-anak dan berfungsi sebagai sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan akhlak sejak usia dini. Film bukan hanya hiburan, tetapi juga media pembelajaran yang menarik serta mendukung tercapainya tujuan edukasi. Salah satu film serial animasi yang telah terbukti efektif dalam menyampaikan pesan moral adalah Ibra Berkisah. Film serial animasi Ibra Berkisah menonjol dengan konten islami, lagu-lagu islami, serta mengangkat tema pesantren dan sirah nabawiyah yang dikemas ringan sebagai edukasi berbasis Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini memfokuskan pada Nilai-Nilai Bimbingan Akhlak dalam Film Serial Animasi Ibra Berkisah Episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure dikarenakan permasalahannya yang sangat relevan dikalangan remaja dan anak-anak saat ini. Serta mengandung ajaran atau pesan moral yang eksplisit dan implisit terkait akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai bimbingan akhlak dalam film serial animasi Ibra Berkisah episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure, Bagaimana metode pembentukan akhlak dalam film serial animasi Ibra Berkisah episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai bimbingan akhlak dalam film serial animasi Ibra Berkisah episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure. Serta untuk mengetahui metode pembentukan akhlak dalam film serial animasi Ibra Berkisah episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure. Jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai bimbingan akhlak yang terkandung dalam film serial animasi Ibra Berkisah dalam episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure meliputi Nilai I’tiqodiyah dan Nilai Khuluqiyah. Nilai I’tiqodiyah yang terkandung dalam film tersebut meliputi nilai keimanan kepada Allah dan Rasulullah SAW. Nilai Khuluqiyah dalam film serial tersebut berupa nilai patuh kepada guru, nilai menghargai teman, nilai kerukunan, nilai berbaik sangka kepada orang lain, dan nilai bersungguh-sungguh pada diri sendiri. Metode Pembentukan Akhlak dalam film serial animasi Ibra Berkisah episode 17 Bully, 19 Su’udzon dan 28 Insecure yaitu menggunakan metode kisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Khaerunnisa TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akhlak, Film Serial Animasi, anak-anak
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:58
Last Modified: 21 Jul 2025 08:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item