Efektivitas Metode Permainan Spelling Bee (Musābaqah At-Tahji’ah) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VII Mts Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Hawa, Sofiana Ismatul (2025) Efektivitas Metode Permainan Spelling Bee (Musābaqah At-Tahji’ah) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VII Mts Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221042_COVER_BAB I_BAB_VI.pdf

Download (960kB)
[img] Text
2221042_FULL_TEXT 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2221042_LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam konteks pembelajaran Islam, penguasaan kosakata bahasa Arab memegang peranan krusial. Namun, di MTs Ma'arif Karanganyar, siswa menghadapi tantangan dalam aspek ini, yang salah satunya bersumber dari metode pengajaran yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih inovatif, seperti metode permainan Spelling Bee, yang diyakini mampu meningkatkan motivasi serta capaian belajar siswa dalam pemerolehan kosakata Arab. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas metode permainan Spelling Bee (Musābaqah At-Tahji’ah) dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Ma'arif Karanganyar, Pekalongan. Studi ini menganalisis pengaruh metode tersebut terhadap penguasaan kosakata. Berdasarkan penelitian sebelumnya, pembelajaran berbasis permainan terbukti meningkatkan semangat, partisipasi, dan retensi kosakata secara lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (pre-test posttest control group). Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara statistik dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan penting: (1) Proses pembelajaran dengan metode permainan Spelling Bee di kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar berlangsung efektif dan terstruktur, ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 50 (pre-test) menjadi 70 (post-test). (2) Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional hanya mengalami kenaikan nilai rata-rata dari 50 menjadi 60. (3) Uji independent sample t-test mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (kurang dari 0,05). Temuan ini menunjukkan Spelling Bee efektif meningkatkan kosakata dan keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Spelling Bee, Kosakata
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 400 Terminology, Bilingualism (Terminologi, Bilingual) > 407 Education, Research of Language, Related Topics of Language/Pendidikan Bahasa, Riset Bahasa dan Topik Terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:36
Last Modified: 21 Jul 2025 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item