Penerapan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Kelompok Tk di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan

Amalia, Husna (2025) Penerapan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Kelompok Tk di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420042_Cover BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2420042_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2420042_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Husna Amalia. 2420042. 2025. “Penerapan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Kelompok TK Di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Rofiqotul Aini, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Montessori, Anak Usia Dini, Karakter Mandiri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi anak yang masih bergantung dengan orang lain dan kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas, serta adanya anak berkebutuhan khusus dalam satu ruangan dengan anak regular. Metode Montessori di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan menerapkan pembelajaran keterampilan hidup, dimana anak-anak dilatih untuk mandiri dengan melakukan kegiatan sehari-hari secara berulang. Metode ini fokus pada kemandirian dan keaktifan anak melalui pembelajaran langsung melalui praktik dan permainan kolaboratif. Tujuan penelitiaan ini untuk mendekripsikan (1) penerapan metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri anak usia dini kelompok TK di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan. (2) Hambatan dan solusi pada penerapan metode montessori di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil tempat di Kiddos Preschool & Kindergarten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Montessori di Kiddos Preschool & Kindergarten pekalongan dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Penerapan metode ini berdampak positif terhadap pembentukan karakter mandiri anak. Anak-anak menunjukkan inisiatif dalam memilih kegiatan, menyelesaikan tugas tanpa bantuan, serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap alat dan lingkungan belajar. Hambatan dalam penerapan metode Montessori ini, diantaranya: Kurangnya pemahaman dan keterlibatan orang tua, adanya pendidik baru yang belum memahami filosofi Montessori secara utuh, perubahan emosi anak (moodswing) dan keberadaan anak berkebutuhan khusus dalam satu kelas dengan anak reguler. Adapun solusi yang diterapkan, diantaranya: Edukasi kepada orang tua melalui berbagai pertemuan dan pelatihan, pelatihan intensif bagi guru baru dan penyediaan bahan bacaan Montessori, dan pendekatan fleksibel terhadap perubahan emosi anak serta pendampingan individual untuk anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, M.Pd.I., Rofiqotul198907282019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Montessori, Anak Usia Dini, Karakter Mandiri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:53
Last Modified: 22 Jul 2025 02:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item