Hendriansyah, M. Agil (2025) Personal Branding Fadia Arafiq Di Instagram Dalam Membangun Citra Sebagai Pemimpin Populis. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3420143_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3420143_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
3420143_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hendriansyah, Agil M. 2025. Personal Branding Fadia Arafiq di Instagram dalam Membangun Citra sebagai Pemimpin Populis. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Firda Aulia Izzati, M.Pd. Kata Kunci: Personal Branding, Instagram, Pemimpin, Populis. Perkembangan teknologi komunikasi telah melahirkan media sosial sebagai sarana strategis dalam membentuk citra dan personal branding, terutama bagi tokoh publik. Instagram sebagai platform berbasis visual menjadi media populer yang mampu menyampaikan pesan politik dan nilai-nilai sosial secara efektif kepada publik. Dalam konteks ini, media sosial juga menjadi media baru dalam berdakwah, salah satunya melalui dakwah bil hal, yaitu menyampaikan nilai-nilai Islam melalui tindakan nyata, keteladanan, dan narasi visual. Fadia Arafiq, sebagai tokoh politik memanfaatkan akun Instagram pribadinya untuk membangun citra sebagai pemimpin populis yang komunikatif, responsif, dan dekat dengan rakyat. Melalui unggahan yang sarat nilai empati, kepedulian sosial, serta keadilan, ia menyampaikan pesan-pesan moral dan dakwah dalam bentuk perilaku dan keteladanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bentuk konsep personal branding Fadia Arafiq di Instagram, kedua, untuk mengetahui respon masyarakat terhadap unggahan di Instagram @fadiaarafiq.official. Kegunaan penelitian ini yaitu meliputi teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap konten Instagram Fadia Arafiq dari Agustus hingga Desember 2024. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis isi melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menggambarkan personal branding yang terbentuk serta respon masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fadia Arafiq berhasil membangun personal branding secara efektif dalam unggahannya meliputi: spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Strategi ini membentuk citra sebagai pemimpin populis sekaligus pemimpin yang adil. Nilai keadilan tersebut tercermin dari keterlibatannya langsung dalam distribusi bantuan sosial, pelayanan publik, hingga penanganan aspirasi warga secara cepat dan transparan. Gaya kepemimpinan ini sejalan dengan prinsip dalam Al-Qur’an Surah AlMā’idah ayat 8 yang menyerukan agar pemimpin berlaku adil karena keadilan lebih dekat kepada takwa. Respon masyarakat menunjukkan tren positif, terlihat dari banyaknya komentar yang mendukung, namun terdapat juga respon berupa kritik yang belum sepenuhnya terpenuhi. Masyarakat menilai bahwa kehadirannya di tengahtengah warga serta sikap empatik dan merangkul menjadikannya sebagai figur pemimpin yang dapat dipercaya dan layak dijadikan panutan di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Instagram, Pemimpin, Populis. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:58 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |