Implementasi Metode Think Talk Write sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo

Sari, Risqi Kurnia (2025) Implementasi Metode Think Talk Write sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
Risqi Kurnia Sari_Cover_Bab l_bab V.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Risqi Kurnia Sari_Full Text (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Risqi Kurnia Sari_Lampiran_daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran abad 21 yang perlu dikembangkan melalui strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Think Talk Write (TTW) yang menekankan pada proses berpikir individu, diskusi dengan teman, dan menuliskan hasil pemikiran secara sistematis. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Wonopringgo, masih cenderung berpusat pada guru, sehingga perlu adanya inovasi metode untuk meningkatkan partisipasi aktif dan daya pikir peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan tentang tiga rumusan masalah yang meliputi: (1) Bagaimana implementasi Metode TTW sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo, (2) Bagaimana hasil implementasi metode TTW sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode Think Talk Write sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain exploratory sequential, di mana data kualitatif dikumpulkan dan dianalisis terlebih dahulu untuk menggali pemahaman mendalam, kemudian hasilnya digunakan untuk mengembangkan instrumen kuantitatif yang diuji di lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, kuesioner, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif melalui skor dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Metode TTW telah diimplementasikan secara tidak langsung dalam pembelajaran PAI melalui tahap berpikir, berdiskusi, dan menulis; (2) Implementasi metode TTW berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya dalam hal inferensi, analisis, dan regulasi diri; (3) Implementasi metode TTW dalam pembelajaran PAI didukung oleh pengetahuan dan keberanian peserta didik, kreativitas guru, serta peran keluarga. Kendala yang dihadapi meliputi rendahnya kepercayaan diri, keterbatasan waktu, budaya belajar pasif, dan minimnya pembinaan spiritual, namun dapat diatasi melalui strategi adaptif guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:41
Last Modified: 22 Jul 2025 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item