Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Program Wajib Mondok Di Smp Islam Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan

Saputra, Sultan Kamaluddin Eko (2025) Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Program Wajib Mondok Di Smp Islam Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118131_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118131_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2118131_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Program Wajib Mondok, Pendekatan Kualitatif, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan keimanan siswa. Konteks pendidikan pesantren di SMP Islam Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan, melalui program wajib mondok, menghadirkan tuntutan akademik dan aktivitas keagamaan yang intens. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan belajar PAI pada siswa program mondok. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek 1 kepala sekolah, 1 guru PAI, dan 8 siswa perwakilan kelas 7,8 dan 9. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan beberapa aspek kesulitan belajar. Secara kognitif, siswa mengalami kesulitan memahami konsep abstrak dan mengingat materi PAI. Secara linguistik, kendala muncul dalam memahami istilah-istilah Arab dan teks-teks keagamaan. Secara afektif, ditemukan motivasi belajar yang rendah, rasa jenuh, dan kelelahan siswa. Faktor internal meliputi kondisi psikologis yang tidak stabil dan kelelahan fisik karena rutinitas mondok. Faktor eksternal mencakup jadwal mondok yang padat, metode pengajaran kurang variatif, dan lingkungan belajar yang terbatas. Dampaknya, terlihat penurunan nilai akademik PAI, berkurangnya interaksi sosial positif, dan penurunan kedisiplinan siswa. Kesimpulannya, kesulitan belajar PAI siswa mondok bersifat multifaktorial. Implikasinya, guru, pihak sekolah, dan pengelola pondok perlu merancang strategi pembelajaran adaptif serta memperhatikan aspek psikososial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Wajib Mondok, Pendekatan Kualitatif,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:30
Last Modified: 22 Jul 2025 03:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item