Internalisasi Elemen Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Khozin, Muhammad (2025) Internalisasi Elemen Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121120_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121120_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2121120_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perubahan dan penyempurnaan terus dilakukan dalam kebijakan pendidikan nasional Indonesia, yang salah satunya diwujudkan melalui inovasi dan pengembangan kurikulum. Salah satu kebijakan yang masih diimplementasikan yaitu penggunaan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menitikbertkan dalam pembinaan karakter peserta didik selaras pada profil Pelajar Pancasila, dengan tujuan agar anak didik bisa mengaplikasikan prinsip-prinsip tersebut pada keseharian. Profil Pelajar Pancasila sangat terkait kuat dengan tujuan utama Pendidikan Agama Islam. Rumasan Masalah mencakup: Bagaimana Proses Internalisasi Elemen Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan? dan Apa Faktor Pendukung serta Faktor Penghambat Proses Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan Proses Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan serta Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Proses Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan model Miles and Huberman dan saldana, yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan penginternalisasian elemen profil pelajar pancasila pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Bojong, Pekalongan telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan- x tahapan internalisasi sebagaimana dikemukakan oleh Muhaimin, yaitu: a. transformasi nilai, b. transaksi nilai, c. transinternalisasi. Faktor pendukung penginternalisasian elemen profil pelajar pancasila pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bojong, Pekalongan yaitu: adanya dukungan kepala sekolah serta antusiasme peserta didik. sedangkan faktor penghambat penginternalisasiannya yaitu karakter peserta didik yang berbeda-beda serta timbulnya rasa malas pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Elemen Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:46
Last Modified: 22 Jul 2025 03:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item