Sari, Fika Luthfia (2025) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etno-Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Materi Bangun Ruang Kelas IX. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2620088_cover_BAB I DAN BAB V .pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
2620088_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2620088_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang dan penyajian data masih sangat rendah, terutama saat menggunakan angka dan simbol untuk mengatasi masalah sehari-hari. Untuk itu diharapkan guru perlu menciptakan suatu bahan ajar tambahan yang inovatif dengan berbantuan teknologi agar pembelajaran dapat berjalan interaktif dan sejalan dengan perkembangan zaman. Rumusan masalah yaitu 1) bagaimana proses pengembangan E-Modul Matematika berbasis Etno-RME, 2) bagaimana kevalidan E-Modul berbasis Etno-RME, serta 3) bagaimana keefektifan dan kepraktisan E-Modul berbasis Etno-RME terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika serta meningkatkan literasi numerasi siswa kelas IX dengan cara mengembangkan bahan ajar yang berupa E-Modul Matematika Berbasis Etno-RME (Realistic Mathematics Education) dengan materi bangun ruang dan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan E-Modul berbasis Etno-RME di MTs.Salafiyah Al-Muttaqin Pekalongan. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE peneliti melalui tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain/Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evalution (Evaluasi). Untuk subjek penelitian, peneliti membutuhkan ahli media dan ahli materi, yang terdiri dari 2 orang Dosen UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan 1 orang guru matematika. Penilaian dan saran dari ahli tersebut kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan revisi serta perbaikan terhadap E-Modul sebelum diuji cobakan kepada siswa kelas IX untuk meningkatkan literasi nuumerasi siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) sebuah E-Modul berbasis Etno-RME (Realistics Mathematics Education) mrlalui tahapan EDDIE proses pembuatan desain di aplikaasi Canva, dengan mengutamakan pembelajaran yang bermkna, menyelesaikan masalah kontekstual, serta mengkolaborasikan budaya lokal sebagai objek dasar pembahasan materi bangun Ruang. 2) E-Modul ini dilengkapi dengan, contoh soal, latihan, kegiatan belajar, evaluasi, dan rangkuman. E-Modul telah memenuhi kriterian valid, praktis, dan efektif untuk dapat digunakan dalam pembelajaran. Presentase kevalidan e modul dari ahli materi adalah 85,5% (sangat valid) dan dari ahli media adalah 86,66% (sangat valid). Presentase kepraktisan oleh peserta didik yaitu sebesar 83,18% (sangat praktis), dan berdasarkan hasil analisis data awal yang berdasarkan hasil pretest kelas eksperimen dan kontrol terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. 3) Berdasarkan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata 80,8125 sedangkan untuk kelas kontrol memiliki rata-rata 72.4857. Berdasarkan tabel Independent sample t test diperoleh nilai sig (Two tailed p) sebesar 0,002 dan 0,002, dimana nilai 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest literasi numerasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah penggunaan E-modul Matematika berbasis Etno-RME. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul matematika berbasis etno-RME pada materi bangun ruang efektif dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas IX. E-Modul berbasis Etno-RME dengan media flipbook ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai salah satu bahan ajar serta dapat digunakan siswa sebagai bahan untuk belajar mandiri karena dapat diakses tanpa batas ruang dan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etno-RME, Literasi Numerasi | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometry/Ilmu Ukur, Geometri |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:34 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |