Pengaruh Pembiasaan Spiritual Dalam Program Ahsanu Terhadap Pendidikan Karakter Religius Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni

Khoirunnisa, Eva (2025) Pengaruh Pembiasaan Spiritual Dalam Program Ahsanu Terhadap Pendidikan Karakter Religius Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50322008_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
50322008_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
50322008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Eva Khoirunnisa, 2025, Pengaruh Pembiasaan Spiritual dalam Program Ahsanu terhadap Karakter Religius dan Tanggung Jawab Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Umi Mahmudah, M. Sc., Ph. D. (2) Dr. H. Abdul Khobir, M. Ag. Kata Kunci: (Pembiasaan, Spiritual, Religius, Tanggungjawab) Lemahnya pendidikan karakter religius dan tanggung jawab peserta didik menjadi permasalahan yang penting untuk dipecahkan, hal ini terlihat dari masih banyaknya peserta didik yang tidak melaksanakan sholat lima waktu, sering datang terlambat, kurang disiplin saat berdoa, tidak membaca tadarus, belum menguasai hafalan doa harian, hadist, surat pendek, bacaan sholat dan wirid, serta tidak mau membantu orang tua di rumah. MI Walisongo Kranji 02 merespon permasalahan karakter religius dan tanggung jawab peserta didik dengan meluncurkan program AHSANU (Aktualisasi Hafalan dan Pembiasaan Terpadu), yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman melalui kegiatan pembiasaan spiritual seperti sholat berjamaah, hafalan doa, dan membantu orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh program Ahsanu terhadap pembentukan karakter religius dan tanggung jawab peserta didik, serta memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan pendidikan karakter di madrasah. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh pembiasaan spiritual dalam program Ahsanu terhadap karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni, 2) Bagaimana pengaruh pembiasaan spiritual dalam program Ahsanu terhadap karakter tanggung jawab peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni, 3)Bagaimana pengaruh pembiasaan spiritual dalam program Ahsanu terhadap karakter religius dan tanggung jawab peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 02 Kecamatan Kedungwuni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 72 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert 1-4. Teknik analisis data menggunakan analisis manova (multivariate analysis of variance) dengan terlebih dahulu melakukan uji instrumen melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: (Pembiasaan, Spiritual, Religius, Tanggungjawab)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:00
Last Modified: 28 Jul 2025 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item