Anantha, Bayu (2025) Pengaruh Frekuensi Game Moba Terhadap Prestasi Belajar Rumpun Pai Siswa Viii di MTS Al-Furqon Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120338_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2120338_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2120338_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Anantha, Bayu. 2025. “Pengaruh Frekuensi Game MOBA Terhadap Prestasi Belajar Rumpun PAI Siswa VIII di MTs Al-Furqon Petarukan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid pekalongan. Dibimbing oleh Dr. Ahmad Taufiq, M.Pd.I Media pembelajaran online adalah salah satu media yang tersukses dalam metode pembelajaran. Salah satunya adalah Game MOBA (Mobile legends: bang bang) bagi generasi Z sudah tidak asing lagi. Game ini menjadi salah satu bukti dari revolusi Industri 4.0, dengan fitur yang menarik sebagian besar siswa jika kesering bermain Game MOBA ini akan menjadi kecanduan. Dengan begitu banyak siswa dalam proses belajar menjadi terhambat karena faktor kecanduan Game MOBA ini. Dari fenomena tersebut peneliti ingin menganalisis pengaruh Game terhadap prestasi belajar pada rumpun PAI Siswa Kelas VIII di MTs Al-Furqon Petarukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh frekuensi game MOBA terhadap prestasi belajar rumpun PAI siswa VIII di MTs Al-Furqon Petarukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Wilayah penelitian ini berada di desa kalirandu yang berlokasi di MTs Al-Furqon Petarukan dengan sampel siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa ada 24 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian penulis menggunakan skala likert yang isinya berupa instrumen penelitian dan berisi pernyataan mengenai Game MOBA (Mobile legends: bang bang) dan prestasi belajar rumpun PAI. Untuk menganalisis data penelitian menggunakan dua teknik pertama analisis statistik deskriptif dan teknik kedua analisis statistik inferensial. Berikutnya hasil penelitian pada variabel Game MOBA (Mobile legends: bang bang) dan prestasi belajar rumpun PAI. Pada Hipotesis penelitian ada pengaruh signifikan pada pengaruh frekuensi game MOBA ini terhadap prestasi belajar rumpun PAI siswa VIII di MTs Al-Furqon Petarukan. Hal ini dapat dibuktikan pada nilai sig. 0,01 < 0,05 dan nilai t_hitung> t_table (2,630 > 2,074) dari kedua hasil tersebut H_a diterima dan H_o ditolak. Selanjutnya pada hasil penghitungan Koefisien Determinasi (KD = 24%) dari hasil tersebut dapat diartikan pengaruh Game MOBA (Mobile legends: bang bang) terhadap prestasi belajar siswa sebesar 24% dan selebihnya 76% pengaruh faktor lain. Dengan hasil penelitian ini penulis berharap dapat dijadikan wawasan tambahan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Game MOBA (Mobile legends: bang bang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game MOBA, Prestasi belajar, PAI, Pengaruh | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |