Khoeroni, Fahmi (2022) Strategi Pemasaran Panti Pijat Griya Sehat Dalam Menarik Minat Konsumen Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117139_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4117139_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
4117139_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dengan kinerja perusahaan yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dapat dilihat dari bagaimana perusahaan tersebut dapat diminati oleh konsumen. Di desa Tanjungsari kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan terdapat panti pijat griya sehat yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Lokasinya yang berada di sebelah timur Alun-alun kajen dan di sebelah jalan raya terlihat cukup mencolok bagi pejalan motor/mobil yang lewat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam menarik minat konsumen yang digunakan oleh panti pijat griya sehat dan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik minat konsumen sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer, diperoleh dari pemilik, karyawan dan konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan managemen strategi pemasaran, perilaku konsumen dan etika bisnis Islam. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawaancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif dan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa panti pijat griya sehat telah menggunakan strategi pemasaran dengan baik, dengan menunjukan hasil adanya ketertarikan konsumen untuk memakai jasa terapi pijat di tempat tersebut. Namun masih terdapat beberapa catatan, yakni perihal fasilitas yang perlu ditambahkan lagi, harga khusus untuk pelajar/mahasiswa. Adapun kaitanya dengan strategi pemasaran yang digunakan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Diantaranya pemilik dan karyawan menjalankan sholat, berprinsip kejujuran dan juga kesederhanaan. Namun masih ada hal yang perlu diperhatikan lagi, yakni terkait papan nama usaha. Karena menaruh papan nama seharusnya tidak di seberang jalan yang bukan area usaha panti pijat griya sehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, panti pijat, minat konsumen, etika bisnis Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |