Strategi Pengembangan Usaha Pada Batik Retno Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Supriyanto, Joko (2022) Strategi Pengembangan Usaha Pada Batik Retno Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013115437_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013115437_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2013115437_Lampiran.pdf

Download (290kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Batik Retno mengembangkan usaha yang bergerak di bidang garmen pakaian daster batik dengan fasilitas produksi yang berlokasi di wilayah Batang. Retno Batik melihat hal ini sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan dengan target market adalah ibu-ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pada Batik Retno dalam perpektif ekonomi syariah. Tidak sedikit perusahaan serupa yang berlomba-lomba menciptakan setelan wanita dengan macam-macam model desain yang unik dan menarik agar produk yang dihasilkan dapat laris manis diminati, sehingga persaingan pun tidak dapat dihindari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Batik Retno, Jl. Kemuning, Desa Rowobelang RT 02/ RW 01 Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini yaitu: strategi yang dilakukan oleh Batik Retno dalam mengembangkan usahanya: pengembangan produk, pengembangan pasar dan inovasi baru dan menurut perspektif ekonomi syariah implementasi pengembangan usaha Toko Batik Retno seperti bertindak jujur dan benar dalam setiap melakukan kegiatan pemasaran, selalu menekankan pada etika dalam berbisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak mengurangi timbangan dan ukuran dalam mendistribusikan produknya, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya, penuh keikhlasan dalam melayani konsumennya dengan lemah lembut, serta tidak membedakan antara konsumen satu dengan konsumen yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorzawawi, zawawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi pengembangan usaha, perspektif ekonomi syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:45
Last Modified: 06 Aug 2025 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item