Pengaruh Prior Experience, Word of Mouth dan Variety Seeking terhadap Brand Switching Produk Masker Wajah Merek Sariayu Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Anggraini, Dian (2022) Pengaruh Prior Experience, Word of Mouth dan Variety Seeking terhadap Brand Switching Produk Masker Wajah Merek Sariayu Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118181_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4118181_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
4118181_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku perpindahan merek (brand switching) dapat dialami oleh para pengusaha di berbagai bidang, salah satunya ialah dalam bidang kosmetik. Bidang kosmetik menjadi salah satu bidang dengan tingkat kemungkinan yang besar dalam menghadapi perpindahan merek yang marak terjadi dikarenakan kemungkinan ketidakcocokan akan suatu produk, tergiur oleh ajakan ataupun cerita dari orang lain mengenai sebuah produk, hingga keinginan untuk mencari variasi lain setara dengan harapan konsumen. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh prior experience, word of mouth, dan variety seeking terhadap brand switching pada produk masker wajah merek Sariayu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang menggunakan masker wajah Sariayu. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan menetapkan 3 kriteria bagi responden. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Penelitian menggunakan analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prior experience berpengaruh terhadap brand switching pada produk masker wajah merek Sariayu, word of mouth berpengaruh terhadap brand switching pada produk masker wajah merek Sariayu, sedangkan variety seeking tidak berpengaruh terhadap brand switching pada produk masker wajah merek Sariayu. Nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,522 artinya variabel bebas yaitu prior experience, word of mouth, serta variety seeking berkontribusi sebesar 52,2% terhadap brand switching produk masker wajah merek Sariayu, sedangkan sisanya 47,8% dipengaruhi variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWinarto, Wachid wahyu adiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prior Experience, Word of Mouth, Variety Seeking, Brand Switching
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:07
Last Modified: 11 Aug 2025 02:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item