Analisis E-Service Quality Dan Company Reputation Pada Tokopedia Salam Sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Ekonomi Digital Syariah Di Bidang E-Commerce

Setyaningsih, Riska (2022) Analisis E-Service Quality Dan Company Reputation Pada Tokopedia Salam Sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Ekonomi Digital Syariah Di Bidang E-Commerce. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118032_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4118032_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4118032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Salah satu strategi dalam pengembangan ekonomi syariah dapat dilakukan dengan penguatan Ekonomi Digital yaitu dengan memanfaatkan e-commerce melalui platform-platform digital atau Marektplace. Tokopedia adalah satu perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dimana meluncurkan Tokopedia Salam sebagai salah satu upaya mendukung pemerataan ekonomi digital syariah. upaya tersebut dapat dilihat atau diukur melalui E-service quality dan company reputation dimana melibatkan tanggapan dan penilaian langsung dari Masyarakat Umum atau Public. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana E-Service quality dan company reputation pada Tokopedia Salam? dan apakah Tokopedia Salam dapat mendukung pengembangan ekonomi digital syariah di bidnag e-commerece? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian field research. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dimana informannya berupa masyarakat umum atau publik sedangkan dokumentasi diambil dari platform digital berupa aplikasi Tokopedia Salam, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan snowball sampling. Setelah dilakukan analisis dan pembahsan data menunjukan bahwa EService Quality dapat diukur dengan information quality, security, website functionality, customer relationship, responsiveness dan fulfillment. Dapat dikatakan bahwa e-service quality sudah sesuai dan menimbulkan perasaan puas atau kepuasan dari pelanggan atau konsumen atau pengunjung. Sedangkan company reputation dipengaruhi oleh kepercyaan public, keterandalan, dan tanggung jawab sosial pada Tokopedia Salam sudah sesuai dan terpenuhi sehingga menimbulkan perasaan percaya atau kepercayaan dari pelanggan atau konsumen atau pengunjung. Tokopedia Salam dapat mendukung pengembangan ekonomi digital syariah di bidang e-commerce jika mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan dapat mempertahankan keberadaanya dalam jangka waktu panjang dan melakukan pengembangan dari waktu ke waktu khususnya dalam hal e-service quality dan company reputation sehingga turut mendorong perekmbangan ekonomi digital syariah. Kata kunci: E-Service Quality, Company Reputation, Tokopedia Salam, Pengembangan Ekonomi Digital Syariah, dan E-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohmah, FaridaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Service Quality, Company Reputation, Tokopedia Salam, Pengembangan Ekonomi Digital Syariah, dan E-commerce.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Qodariyah Siti Nurlaelatul
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:53
Last Modified: 11 Aug 2025 07:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item View Item