Experiential Marketing Bagi Kepuasan Pelanggan Pada Akun @grosir_temujodobatik

Kurniawan, Muhammad (2025) Experiential Marketing Bagi Kepuasan Pelanggan Pada Akun @grosir_temujodobatik. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50422027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50422027_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan media sosial, khususnya TikTok, membuka peluang baru bagi pelaku UMKM dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan melalui pendekatan yang lebih interaktif dan emosional. Batik Temu Jodo, sebagai salah satu UMKM memanfaatkan platform ini untuk menciptakan pengalaman digital yang unik bagi audiensnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana elemen-elemen dalam experiential marketing dapat diterapkan dalam konteks digital, serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kepuasan dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik experiential marketing online yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen selama pengalaman online, keuntungan yang dilaporkan dari penggunaan elemen pengalaman pelanggan, serta tantangan dan saran strategis untuk bisnis online yang disebabkan oleh pengalaman digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, termasuk konten-konten akun TikTok @grosir_temujodobatik. Dua sumber data juga digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Informan dari penelitian ini adalah pemilik akun, tim marketing, dan admin. Selain itu, alat untuk menganalisis data dan informasi, alat yang dipergunakan yaitu teknik analisa dan triangulasi. Sedangkan metode analisis datanya adalah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakteristik experiential marketing online seperti konten yang interaktif, emosional, berbasis pengalaman, dan kreatif memiliki peran penting dalam menciptakan kedekatan antara pelanggan dan brand. Elemen-elemen ini terbukti mampu membangun kepercayaan, meningkatkan loyalitas, serta memperkuat citra merek secara digital. 2) selain manfaat finansial seperti meningkatnya penjualan, Batik Temu Jodo juga memperoleh keuntungan dalam aspek non finansial seperti penguatan brand image dan loyalitas pelanggan. Namun demikian, 3) tantangan seperti menjaga konsistensi konten dan meningkatnya ekspektasi pelanggan menjadi hambatan yang harus diatasi secara strategis. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaku UMKM memperkuat interaksi dengan audiens dan menyajikan konten yang semakin relevan dengan karakteristik target pasar digital. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan strategi pemasaran digital berbasis pengalaman, khususnya dalam konteks UMKM di era media sosial. Kata Kunci: Experiential Marketing, TikTok, Pengalaman Pelanggan Digital, Pemasaran Digital   ABSTRACT Kurniawan, Muhammad. 2025, Experiential Marketing for Customer Satisfaction on the @grosir_temujodobatik Account. Thesis, Master of Islamic Economics Study Program, Postgraduate, K.H. Abdurrahman Wahid State Islamic University of Pekalongan. Advisor: I. Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. II. Dr. Ali Muhtarom, M.H.I. The development of social media, especially TikTok, opens up new opportunities for MSMEs to build closer relationships with customers through a more interactive and emotional approach. Batik Temu Jodo, as one of the MSMEs, utilizes this platform to create a unique digital experience for its audience. This research is motivated by the need to understand how elements in experiential marketing can be applied in a digital context, and how they affect consumer satisfaction and engagement. This study aims to analyze characteristics of online experiential marketing can increase consumer satisfaction during online experiences, the reported benefits of using customer experience elements, and the challenges and strategic suggestions for online businesses caused by digital experiences. This research uses a qualitative approach through field study methods.. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, and document analysis, including the contents of the TikTok account @grosir_temujodobatik. Two data sources are also used in this study, namely primary data and secondary data. The informants of this study are account owners, marketing teams, and admins. In addition, the tools for analyzing data and information, the tools used are analysis and triangulation techniques. While the data analysis methods are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that 1) online characteristics such as interactive, emotional, experience-based, and creative content play an important role in creating closeness between customers and brands. These elements have been proven to build trust, increase loyalty, and strengthen brand image digitally. 2) in addition to financial benefits such as increased sales, Batik Temu Jodo also benefits in non-financial aspects such as strengthening brand image and customer loyalty. However, 3) challenges such as maintaining content consistency and increasing customer expectations are obstacles that must be overcome strategically. This study recommends that MSMEs strengthen interactions with audiences and present content that is increasingly relevant to the characteristics of the digital target market. These findings are expected to provide real contributions to the development of experience-based digital marketing strategies, especially in the context of MSMEs in the era of social media. Keywords: Experiential Marketing, Tiktok, Digital Customer Experience, Digital Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhtarom, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, TikTok, Pengalaman Pelanggan Digital, Pemasaran Digital
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:46
Last Modified: 19 Aug 2025 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item