Kunaini, Eni (2022) Pengaruh Islamic Branding, Content Marketing, Dan Pelayanan Dengan Carter Model Terhadap Customer Retention Pada Anggota Gerai Dinar Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118162 - Bab1&5.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4118162 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
4118162 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini persaingan bisnis lembaga keuangan syariah semakin kompetitif. Salah satu lembaga keuangan syariah yang saat ini ketat persaingannya adalah adalah Baitul Māl wat Tamwĭl (BMT). Hal ini menuntut pihak BMT supaya dapat mempertahankan anggotanya agar tidak beralih ke pesaing dengan menerapakan konsep customer retention. Konsep customer retention sendiri dapat terjadi jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya Islamic branding, content marketing dan pelayanan yang maksimal. Gerai Dinar Pekalongan merupakan salah satu BMT di Pekalongan yang telah menerapkan konsep customer retention dalam menjalankan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui kuisoner dalam bentuk google form yang telah diuji valid dan reliabel yang disebarkan kepada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui sehingga digunakan rumus Lameshow dalam menentukan jumlah sampel dan didapatkan 97 sampel. Analisis data dilakukan melalui uji regresi linear berganda untuk mengetahui adanya pengaruh dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa Islamic branding dan pelayanan dengan carter model berpengaruh secara parsial terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan, sedangkan content marketing tidak berpengaruh parsial terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Secara simultan Islamic branding, content marketing dan pelayanan dengan carter model berpengaruh terhadap customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan. Dari hasil analisis tersebut, strategi Islamic branding dan pelayanan dengan carter model dapat dioptimalkan untuk meningkatkan customer retention pada anggota Gerai Dinar Pekalongan, sedangkan tidak adanya pengaruh content marketing terhadap customer retention mendorong pentingnya dilakukan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci: Islamic branding, content marketing, pelayanan dengan carter model, customer retention.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Islamic branding, content marketing, pelayanan dengan carter model,customer retention. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Qodariyah Siti Nurlaelatul | ||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:01 | ||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |