Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Konsumen Muslim Tokopedia di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Fitriyani, Diyah (2022) Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Konsumen Muslim Tokopedia di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118132_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4118132_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4118132_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena E-commerce yang semakin popular berdampak pada perilaku konsumen dalam hal berbelanja. Masyarakat lebih senang menggunakan ecommerce untuk mencari atau membeli produk yang mereka butuhkan. Peningkatan perilaku konsumen secara online dapat meningkatkan kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis dan potongan harga terhadap pembelian impulsif dengan emosi positif sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dan MRA dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Potongan harga berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, Kemudian emosi positif tidak memoderasi motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif, emosi positif tidak memoderasi potongan harga terhadap pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArisnawati, Nur FaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belanja Hedonis, Potongan Harga, Emosi Positif, Pembelian Impulsif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:01
Last Modified: 20 Aug 2025 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item