Laelah, Nur (2020) Bimbingan kelompok berbasis Islam dengan teknik Rolepyaying untuk mengembangkan kedisiplinan anak pada komunitas rangkul kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Disiplin anak sangatlah penting dalam komunitas Rangkul untuk mengembangkan sikap kedisiplinan pada anak. Disiplin harus bersifat tetap, supaya anak jelas mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang harus dilakukan. Harus ada kesatuan pendapat antara orang tua, pembimbing, dan pendidik terhadap anak. Di hadapan anak para pendidik dan orang tua tidak boleh memperlihatkan adanya perbedaan tentang cara mendisiplinkan anak. Komunitas Relawan Keluarga Kita atau yang biasa disebut dengan komunitas Rangkul. Dalam Rangkul menyediakan sebuah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berbasis Islam untuk menangani permasalahan kedisiplinan anak yang menjadi kekhawatiran para orang tua. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berbasis Islam yaitu proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasike lompok untuk mengembangkan kedisiplinan anak.Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana kondisi kedisiplinan anak pada komunitas Rangkul kota Pekalongan? Dan bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berbasis Islam? Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penulis memperoleh data dengancara observasi,wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kesimpulan penelitian ini pertama kedisiplinan anak yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu individu atau keluarga mampu menyadari atau mengetahui dampak bahwa perkembangan disiplin pada orang tua itu sangat berpengaruh pada perkembangan disiplin anaknya. Dari sinilah kegiatan bimbingan kelompok yang diselenggarakan oleh komunitas Rangkul banyak keluarga atau klien semakin yakin untuk mengembangkan disiplin pada anak dengan baik. Kedua bimbingan kelompok dengan teknik role playing berbasis Islam untuk meningkatkan kedisiplinan anak ini dengan cara bermain peran serta menyelipka najaran-ajaran agama Islam seperti pandangan Islam mengenai disiplin menjalankan kewajiban untuk beribadah, belajar, serta disiplin dalam membagi waktu sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | BimbinganKelompokBerbasis Islam DenganTeknikRole Playing, KedisiplinanAnak | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2021 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2021 04:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1581 |
Actions (login required)
View Item |