Kholisna, Nur (2025) Upaya Guru Kelas Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Verbal Bullying Di SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321095_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (665kB) |
|
|
Text
2321095_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321095_LAMPIRAN.pdf Download (904kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya verbal bullying di SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan yang telah menjadi permasalahan kompleks karena terjadi secara meluas pada tingkatan kelas, di mana SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan sendiri mengusung konsep sekolah ramah anak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bentuk verbal bullying, menganalisis upaya guru kelas, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi verbal bullying di SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian studi lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer yaitu guru kelas tinggi, guru kelas rendah, kepala sekolah, dan siswa serta data sekunder didapat dari arsip maupun dokumen sekolah serta referensi lain yang serupa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk verbal bullying di SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan meliputi tindakan mengejek, menghina, memanggil dengan nama julukan atau orang tua, berkata kasar, dan menyoraki teman; (2) Upaya guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi verbal bullying di SDN Kertoharjo 02 Kota Pekalongan terbagi menjadi dua, yakni upaya pencegahan dan upaya penanganan. Upaya pencegahan verbal bullying mencakup memberikan edukasi terkait verbal bullying melalui bimbingan klasikal di kelas, mengawasi perilaku siswa dengan mencatat di lembar pelanggaran jika siswa terlihat melakukan verbal bullying, memberikan lagu terkait no-bullying di awal sebelum masuk pembelajaran, menempelkan poster no-bullying di kelas, menempatkan korban dan pelaku dalam satu kelompok belajar, dan membuat kesepakatan kelas untuk no-bullying di awal semester. Sementara itu, upaya penanganan verbal bullying dilakukan dengan menegur dan memberi nasihat kepada pelaku melalui konseling individual, memberikan konseling kelompok pada pelaku dan korban, mengayomi siswa yang menjadi korban, memberikan punishment pada pelaku, dan berkoordinasi dengan orang tua siswa; (3) Faktor pendukung dari upaya yang dilakukan guru kelas dalam mengatasi verbal bullying mencakup dukungan sekolah, kerja sama orang tua siswa, memanfaatkan platform digital, dan membangun keakraban dengan siswa, serta faktor penghambat yang dihadapi oleh guru kelas meliputi kurangnya pelatihan khusus, kemampuan guru kelas dalam menangani kasus, karakter siswa, dan waktu yang terbatas untuk memberikan layanan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Layanan BK, Siswa Sekolah Dasar, Verbal Bullying | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 01:20 | ||||||||
| Last Modified: | 03 Nov 2025 01:20 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
