Evi Sri, Rahayu (2025) Penerapan Customer Relations Berbasis Nilai-Nilai Islam Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada pusat Kerajinan Karya Remaja Kecamatan Warungasem, Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421058_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
3421058_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
3421058_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
Abstract
Penerapan Customer Relations yang berbasis nilai-nilai Islam adalah salah satu cara atau strategi dalam menjaga loyalitas pelanggan. Apalagi sebagai umat muslim ketika menjalankan bisnisnya, sangat penting dalam menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariat Islam. Dengan menerapkan nilai-nilai Islam tidak hanya menjadi pendoman spritual. Namun, dalam prakteknya dengan adanya nilai-nilai Islam tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pada pelanggan. Yang akhirnya mereka akan merasa percaya dan melakukan pembelian secara ulang. Dan loyalitas pelanggan juga akan terjaga baik apabila hubungan yang dibangun antar pelaku usaha dengan pelanggan dibangun secara seimbang, tangungjawab, dan sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi customer relations pada Pusat Kerajinan Karya Remaja dalam menjaga loyalitas pelanggan dan penerapan komunikasi customer relations berbasis nilai-nilai Islam pada Pusat Kerajinan Karya Remaja dalam menjaga loyalitas pelanggan. Teori ini menggunakan teori kepuasan (Expectancy Disconfirmation Teory). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, Pusat Kerajinan Karya Remaja belum sepenuhnya menggunakan strategi CRM, hal ini dikarenakan Pusat Kerajinan Karya Remaja belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dan penjualan, sehingga interaksi dengan pelanggan masih terbatas dan bersifat langsung. Penerapan komunikasi customer relations berbasis nilai-nilai Islam pada Pusat Kerjinan Karya Remaja dapat disimpulkan bahwa telah menerapkan customer relations berbasis nilai-nilai Islam. Prinsip tauhid, menjalankan usaha sebagi ibadah melalui pelayanan yang baik dan tepat waktu. Prinsip keseimbangan, bersikap adil dalam jual beli. Dan prinsip tanggung jawab, menjamin produk yang rusak atau cacat. Meskipun dilakukan secara konvensional atau tradisional, tanpa dukungan teknologi, pendekatan ini tetap efektif membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, terbukti dari pembelian berulang dan promosi dari mulut ke mulut.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Customer Relations, Nilai-Nilai Islam, Loyalitas Pelanggan. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 02:46 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Oct 2025 02:46 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
