MAULA, FINA ROHMATUL (2025) Implementasi Metode Imlā Istimā’i dalam Meningkatan Kemampuan Menulis Di Kelas 1 Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2219029_COVER_BAB 1 DAN BAB 5_DP.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2219029_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2219029_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran menulis adalah rendahnya keterampilan santri dalam menuangkan ide secara runtut, serta kurangnya ketelitian dalam penulisan ejaan dan struktur kalimat. Berdasarkan hasil observasi yang ada menunjukan bahwa kemampuan siswa masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang ditetapkan yakni 70. Metode imlā istimā’i dipilih karena menekankan pada latihan mendengar dan menulis secara langsung, sehingga santri dapat lebih fokus dalam memahami kosakata, tata bahasa, serta keterampilan menyusun kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Siklus 1 dilakukan dalam 2 pertemuan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pegamatam (observasi) dan tahap refleksi. Begitupun yang dilakukan pada siklus 2. Subjek penelitian adalah santri kelas I di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo. Data dikumpulkan melalui observasi, tes menulis, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas santri dalam memberikan tes pada siklus I yaitu 44,12% meningkat menjadi 88,24% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode imlā istimā’i secara konsisten dapat meningkatkan keterampilan menulis santri, baik dari segi ketepatan ejaan, struktur kalimat, maupun kelancaran dalam menulis. Dengan demikian, metode imlā istimā’i memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis santri.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Imlā Istimā’i, Kemampuan Menulis, Pondok Pesantren. | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:50 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:50 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
