Analisis Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Fase C Di SD Negeri 02 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.

Mufidzah, Nabillah (2025) Analisis Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Fase C Di SD Negeri 02 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321155_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
2321155_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keterampilan berbicara di hadapan khalayak umum menjadi elemen krusial dalam pembelajaran keterampilan berbicara yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide, emosi, dan data secara verbal dengan penuh keyakinan dan efisiensi. Namun, siswa fase C di SD Negeri 01 menunjukkan beberapa indikasi problematika dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan menganalisis Problematika pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum pada siswa fase C di SD N 01 Kendaldoyong kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum pada siswa fase C dan mengeksplorasi upaya guru mengatasi problematika dalam pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum pada siswa fase C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data utama yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan perwakilan siswa, serta pengamatan langsung di kelas V dan VI di SD Negeri 01 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Data tambahan dikumpulkan dari dokumentasi yang lengkap. Untuk memastikan validitas data, digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan akhir berdasarkan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Problematika pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum pada siswa kelas V dan VI di SD Negeri 01 Kendaldoyong terdapat problematika linguistik dan non linguistik, adapun problematika linguistik berupa tata bahasa, kosakata, pelafalan dan struktur bahasa, kemudian problematika non linguistik berupa aspek psikologis, sosial budaya dan lingkungan pembelajaran, 2) Upaya guru yang dapat mengatasi kedua problematika diatas yaitu menggunakan media, metode, dan model pembelajaran. Media yang digunakan berupa media gambar dan media bercerita. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan meliputi metode diskusi, metode bermain peran, dan metode show and tell. Sementara itu, model pembelajaran yang dipilih adalah paired story telling.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Berbicara Di Depan Umum, Siswa Fase C, Sekolah Dasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Oct 2025 07:21
Last Modified: 24 Oct 2025 07:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15890

Actions (login required)

View Item View Item