Pengaruh Fluktuasi Harga Emas, Strategi Promosi, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Investasi Emas Masyarakat Pekalongan Pada Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda

Faqih, Muhammad Ahsanul (2025) Pengaruh Fluktuasi Harga Emas, Strategi Promosi, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Investasi Emas Masyarakat Pekalongan Pada Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121042_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (660kB)
[img] Text
4121042_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121042_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan investasi emas di masyarakat Pekalongan menunjukkan peningkatan yang cukup pesat, khususnya melalui produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda. Fenomena fluktuasi harga emas, strategi promosi, serta kemudahan transaksi diduga memengaruhi keputusan masyarakat dalam berinvestasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap keputusan investasi emas, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan field research. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden yang merupakan masyarakat Pekalongan pengguna produk investasi emas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fluktuasi harga emas berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi emas. Strategi promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi emas. Sementara itu, kemudahan transaksi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi emas. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi emas masyarakat Pekalongan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemudahan transaksi merupakan faktor dominan yang memengaruhi keputusan investasi emas, sedangkan fluktuasi harga emas dan strategi promosi hanya memberikan pengaruh apabila digabungkan secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi’I, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fluktuasi harga emas, strategi promosi, kemudahan transaksi, keputusan investasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:14
Last Modified: 04 Nov 2025 02:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15926

Actions (login required)

View Item View Item