Fadilah, Ninghayatul (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENDORONG KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VI DI MIN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321045_Cover_bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2321045_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2321045_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Abstract
Ninghayatul Fadilah.2321045.2025. Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPS Untuk Mendorong Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VI Di MIN Pekalongan. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan,Dosen Pembimbing H.Mohamad Yasin Abidin M.Pd. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peranan penting dalam membentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik agar dapat memahami dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Namun, dalam praktik pembelajaran di kelas, seringkali proses pembelajaran IPS hanya berfokus pada penguasaan materi secara tekstual dan hafalan, sehingga kurang menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan dan dunia kerja di masa depan. Perlu adanya pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara lebih optimal, mendorong eksplorasi ide, serta penerapan pengetahuan secara nyata. Salah satu model pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik adalah Project Based Learning (PjBL). Rumusan penelitian ini meliputi yang 1. Bagaimana Implementasi Project Based Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Mendorong Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vl Di MIN Pekalongan, 2. Apa saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Implementasi Project Based Learning Pembelajaran Ips Untuk Mendorong Keterampilan Berpikir Kreatif. Metode peneltitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini, adalah guru Kelas 6 dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL dapat mendorong keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS. Implementasi PjBL dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Selain itu, PjBL juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Implementasi Model Project Based learning melalui pembelajaran IPS ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran IPS yang berorientasi pada Model Project Based Learning memungkinkan siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, komunikasi, dan kreatif dalam menghadapi permasalahan di lingkungannya, serta faktor penghambat yang meliputi kesulitan dalam pengelompokan belajar, keterbatasan sumber daya, keterbatasan waktu. Untuk faktor pendukung meliputi kompetensi Guru, peningkatan hasil belajar, sarana dan prasarana sudah memadai
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Keterampilan berpikir, Pembelajaran IPS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 06:26 | ||||||||
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:26 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
