Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih Al-Qoul Dalam Membentuk Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah

Mubarok, Muhamad Husni (2025) Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih Al-Qoul Dalam Membentuk Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (520kB)
[img] Text
3521035_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN(2).pdf

Download (251kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mubarok, Muhamad Husni. 2025. Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih Al-Qoul Dalam Membentuk Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah. Skripsi Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Muhamad Rifa’i Subhi, M.Pd.I Kata Kunci: Bimbingan Islami, Akhlak Remaja, Tanqih Al-Qoul. Penelitian ini membahas Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih al-Qoul dalam Membentuk Akhlak Remaja pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah. Remaja jamaah majelis taklim masih abai dalam urusan beribadah, seperti sholat dan mengaji sehingga masalah tersebut menjawab dari rumusan masalah pada Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih al-Qoul Dalam Membentuk Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah. Akhlak remaja majelis taklim masih jauh dari kata akhlakul karimah, sehingga proses pembentukan akhlak perlu proses bertahap pada rumusan masalah Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah. Teori pada bimbingan islami menggunakan teori Anwar Sutoyo bahwa bimbingan islami yaitu usaha yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada orang lain agar mampu menyelesaikan permasalahannya dan memahami permasalahan yang sedang dihadapi. Sedangkan teori pada akhlak menggunakan teori imam al-Ghazali bahwa akhlak adalah ungkapan suatu kata hati yang tertanam dalam jiwa, yang bisa berubah dalam suatu kondisi tertentu tanpa pertimbangan dan pemikiran. Pada penelitian ini mencoba mengkaitkan pada Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Tanqih al-Qoul Dalam Membentuk Akhlak Remaja Pada Jamaah Majelis Taklim Syabaabul Falah dengan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif dipilih untuk menggali data mengenai proses bimbingan Islami dan dampaknya terhadap akhlak remaja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan Islami melalui kajian kitab Tanqih al-Qoul di Majelis Taklim Syabaabul Falah memberikan dampak yang cukup signifikan dengan melalui pendekatan metode caramah dan diskusi bagi remaja majelis taklim, seperti terbentuknya kesadaran diri dan mulai bertanggung jawab pada soal beribadah dan mengaji serta berjalan secara terarah dan sistematis. Sedangkan pada pembentukan akhlak remaja majelis taklim, kajian ini mampu menanamkan nilai-nilai akhlak Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan ketaatan dalam beribadah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kajian kitab Tanqih al-Qoul berperan penting sebagai media bimbingan Islami dalam membentuk akhlak remaja pada majelis tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Muhamad Rifa’iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Akhlak Remaja, Tanqih Al-Qoul.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 04 Nov 2025 08:39
Last Modified: 04 Nov 2025 08:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item