Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII Di SMPN 2 Karanganyar

Arsani, Aryani Indri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII Di SMPN 2 Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621015_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (677kB)
[img] Text
2621015_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2621015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dimiliki siswa dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari. Namun, hasil observasi di SMPN 2 Karanganyar menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan menganalisis dan menafsirkan data Statistika karena pembelajaran berpusat pada guru dan kurang memanfaatkan media yang menarik serta kontekstual. Kondisi ini menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang mendorong aktivitas berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Pop Up Book terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 2 Karanganyar pada materi Statistika. Penerapan model PBL diharapkan mampu melatih siswa untuk berpikir analitis dan reflektif, sedangkan penggunaan media Pop Up Book membantu siswa memahami konsep yang abstrak melalui visualisasi tiga dimensi yang menarik. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dan rancangan pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan Pop Up Book dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah 25 siswa. Data diperoleh melalui tes uraian kemampuan berpikir kritis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, serta Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas dengan nilai signifikansi 0,028 (< 0,05). Uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai korelasi (R) sebesar 0,963 dan R Square 0,928, yang berarti 92,8% variasi kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh penerapan PBL berbantuan Pop Up Book. Dengan demikian, integrasi PBL dan media Pop Up Book berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pop Up Book, kemampuan berpikir kritis, Statistika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:26
Last Modified: 11 Nov 2025 03:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15988

Actions (login required)

View Item View Item