Rahmawati, Gita (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Pembacaan Kitab Al-Barzanji Di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Blumbang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2121078_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (933kB) |
|
|
Text
2121078_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2121078_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
Abstract
Di era modern yang ditandai dengan kemajuan teknologi canggih dan penggunaan gadget yang berlebihan, terjadi kesenjangan antara nilai ideal pendidikan agama Islam dengan realitas perilaku remaja. Remaja cenderung menghabiskan waktu dengan gadget, mengabaikan interaksi sosial, dan menunjukkan sikap individualis, yang berpotensi menyebabkan perilaku negatif seperti kurang disiplin dalam ibadah salat. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji kegiatan positif yaitu pembacaan Kitab Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Blumbang dipilih sebagai fokus utama karena rutin dilaksanakan dan dinilai efektif menjadi wadah untuk membentuk karakter, mempererat silaturahmi, serta mengalihkan perhatian remaja ke aktivitas yang lebih bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai peran kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji dalam membentuk individu berakhlak mulia dan berkontribusi positif di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Blumbang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu pengelola, pembina, dan anggota IPNU-IPPNU Blumbang. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Al-Barzanji memiliki urgensi tinggi sebagai wadah efektif untuk membentuk karakter disiplin, simpati, empati dan meningkatkan kecintaan serta keteladanan terhadap Nabi Muhammad saw. Kegiatan ini berfungsi sebagai hubungan sosial yang mempererat silaturahmi, menumbuhkan toleransi, dan meningkatkan kebersamaan atau kekeluargaan. Implementasi dilakukan secara terstruktur melalui tiga tahapan: Perencanaan yang matang dengan variasi program inovatif, Pelaksanaan yang adaptif sesuai kelompok yang terpisah anrelatara IPNU-IPPNU dan Evaluasi rutin melalui musyawarah. Seluruh proses ini berhasil menciptakan harmoni dan solidaritas yang kuat di masyarakat Blumbang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Kitab Al-Barzanji | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:55 | ||||||||
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:55 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
