Pengaruh Islamic Branding, Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Muslim Fashion (Studi Pada Masyarakat Kota Pekalongan)

ROSIDA RIZQINA, NALA (2025) Pengaruh Islamic Branding, Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Muslim Fashion (Studi Pada Masyarakat Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_NALA ROSIDA RIZQINA_4121018 (1).pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN_NALA ROSIDA RIZQINA_4121018 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEXT _NALA ROSIDA RIZQIANA_4121018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan industri fashion Muslim di Indonesia yang didukung oleh besarnya populasi Muslim serta meningkatnya kesadaran akan produk halal, khususnya di Kota Pekalongan. Persaingan antar merek fashion Muslim seperti Zoya, Elzatta, dan Rabbani, muncul permasalahan mengenai faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Islamic branding, electronic word of mouth, harga, dan kualitas produk menjadi variabel penting yang diteliti guna memahami preferensi konsumen Muslim di Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Islamic branding, electronic word of mouth, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fashion Muslim baik secara parsial maupun simultan. Jenis Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden masyarakat Muslim Kota Pekalongan yang pernah membeli fashion Muslim. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan sorfware computer IBM SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keempat variabel yaitu Islamic branding, electronic word of mouth, harga, dan kualitas produk, semuanya berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian fashion Muslim. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil output R Sqiare dari model regresi yang terbentuk dalam penelitian ini sebesar 0,852 atau 85,2%, dan sisanya 14,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Hal ini mengindikasikan bahwa identitas keislaman dalam merek, ulasan digital dari konsumen, harga yang kompetitif, serta kualitas produk yang baik merupakan faktor-faktor penting yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian fashion Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdinugraha, Hendri HermawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding, Electronic Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:04
Last Modified: 10 Nov 2025 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item