Dawati, Mei (2025) Strategi Pendidikan Kewirausahaan Untuk Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Salaf Darul Muttaqien Kelenggangan Kendal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2121153_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (616kB) |
|
|
Text
2121153_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2121153_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kemandirian santri di tengah perubahan sosial dan ekonomi yang semakin kompleks. Dalam konteks modernisasi pendidikan, muncul kebutuhan untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan keterampilan hidup, salah satunya melalui pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendidikan kewirausahaan yang diterapkan di Pondok Pesantren Salaf Darul Muttaqien Kelenggangan Kendal dalam membentuk kemandirian ekonomi santri, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasinya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pembentukan karakter wirausaha berbasis nilai Islam. Pondok ini menjadi contoh menarik karena mampu mengembangkan kegiatan kewirausahaan berbasis religiusitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian meliputi pengasuh pesantren, ustadz, santri, dan alumni yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Salaf Darul Muttaqien berhasil memadukan nilai religius dan keterampilan hidup secara harmonis. Faktor pendukung utama mencakup peran kyai yang visioner, motivasi religius santri, dukungan lingkungan, serta inspirasi alumni. Adapun hambatan utama berupa keterbatasan modal, sarana, dan akses pasar berhasil diatasi melalui strategi kolaboratif dan pendekatan spiritual. Kesimpulannya, pendidikan kewirausahaan di pesantren ini tidak hanya membentuk keterampilan ekonomi, tetapi juga karakter santri yang mandiri, jujur, dan tangguh. Model ini menjadi rujukan alternatif bagi pesantren salaf lainnya dalam mengembangkan kewirausahaan tanpa kehilangan jati diri keislamannya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kewirausahaan, Kemandirian Santri, Pondok Pesantren Salaf | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:42 | ||||||||
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:42 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
