Eksistensi Pondok Pesantren Salaf Di Era Modernisasi Pendidikan : Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kelenggangan Kendal

Maulana, Irgi Irman (2025) Eksistensi Pondok Pesantren Salaf Di Era Modernisasi Pendidikan : Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kelenggangan Kendal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121282_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (675kB)
[img] Text
2121282_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121282_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesantren salaf menghadapi tantangan besar di tengah arus modernisasi pendidikan, terutama dalam menjaga eksistensi sistem pembelajaran tradisionalnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami bagaimana Pondok Pesantren Salaf Darul Muttaqien Kelenggangan Kendal mampu mempertahankan nilai-nilai pendidikan klasik berbasis kitab kuning sambil menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman yang semakin modern. Pesantren ini menjadi representasi nyata dari lembaga pendidikan Islam yang berupaya menyeimbangkan antara pelestarian tradisi dan kebutuhan modernitas tanpa kehilangan identitas keislamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan eksistensi Pondok Pesantren Darul Muttaqien dalam mempertahankan sistem pendidikan salaf di tengah arus digitalisasi pendidikan, serta mengidentifikasi strategi yang diterapkan pesantren dalam menjaga keberlanjutan metode pembelajaran tradisional berbasis kitab kuning tanpa kehilangan identitas keislamannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari pengasuh, ustadz, santri, serta dokumen internal pesantren yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan model interaktif Miles dan Huberman. Teknik triangulasi digunakan untuk menjamin keabsahan data. Fokus penelitian ini meliputi eksistensi sistem pendidikan salaf, strategi pesantren dalam menjaga keberlanjutan tradisi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses modernisasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darul Muttaqien mampu menjaga eksistensinya melalui tiga strategi utama: pelestarian metode pembelajaran kitab kuning, penguatan nilai religiusitas dan akhlak, serta pengembangan kemandirian ekonomi berbasis kewirausahaan pesantren. Faktor pendukung utama meliputi peran pengasuh, lingkungan sosial-religius, dan semangat santri, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumber daya serta akses teknologi. Kontribusi penelitian ini terletak pada penguatan literatur akademik mengenai strategi adaptasi pesantren salaf dalam era modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa’rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Pondok Pesantren Salaf, Era Modernisasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:36
Last Modified: 07 Nov 2025 02:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16012

Actions (login required)

View Item View Item