Sholichah, Mudhitu (2020) Pelaksanaan bimbingan individual dengan teknik Al-mau’izoh Al-hasanah untuk membantu Penyesuaian diri siswa Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada setiap individu memiliki fase atau tugas perkembangannya masing-masing. Untuk mencapai tujuannya, pada fase transisi juga harus didukung dengan keberhasilan individu dalam bersosialisasi. Dalam setiap kehidupan akan muncul rintangan-rintangan, seperti: kekecewaan, meningkatnya konflik, krisis penyesuaian diri, dan masih banyak lainnya. Kebanyakan siswa sulit untuk menyesuaikan diri seperti siswa baru yang masih dalam usia remaja awal. Hal yang dilakukan oleh guru BK di MA Rifaiyah Kedungwuni dalam membantu penyesuaian diri siswa yaitu diantaranya melaksanakan bimbingan individual, yaitu dengan melakukan pendekatan secara intra personal, mengutipkan kisah inspiratif agar menjadi tauladan, memberikan motivasi, memberikan nasihat yang baik, i’tibar kisah perjalanan nabi, para sahabat dan alim ulama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana penyesuaian diri siswa di MA Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan? 2) bagaimana pelaksanaan bimbingan individual dengan teknik al-mau’izhoh al-hasanah untuk membantu penyesuaian diri siswa MA Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyesuaian diri siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan individual dengan teknik al-mau’izhoh al-hasanah untuk membentuk penyesuaian diri siswa MA Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan untuk menggali tentang penanganaan yang tepat bagi siswa serta dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana penanganan penyesuaian diri pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai kesulitan penyesuaian diri siswa MA Rifa’iyah Kedungwuni sebelum mengikuti bimbingan individual: memiliki kecemasan, merasa tidak betah, merasa bosan, ekspetasi yang terlalu tinggi terhadap lingkungan sekolah, merasa kesulitan mengatur jadwal, tidak cocok dengan teman, sekolah sembari pesantren, merasa was-was, merasa canggung, merasa tertekan, memiliki masalah dengan keluarga dan beberapa dari mereka sangat sulit untuk terbuka ketika mengalami masalah atau kesulitan bersosialisasi sehingga lebih memilih untuk menarik diri dari lingkungannya. Namun setelah mengikuti bimbingan individual keadaan siswa jauh lebih baik dari sebelumnya. Siswa yang mengikuti bimbingan jauh lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, merasa nyaman, lebih terbuka dan bisa mengikuti jadwal yang telah di terapkan di MA Rifa’iyah Kedungwuni. Dalam pelaksanaan bimbingan individual ada beberapa tahap, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, menggunakan metode face to face, ceramah, dan keteladanan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya pelaksanaan bimbingan individual dengan teknik al-mau’izhoh al-hasanah mampu membantu mengoptimalkan penyesuaian diri siswa MA Rifa’iyah Kedungwuni secara perlahan siswa dapat hidup dengan mandiri dan sesuai dengan perkembangannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Individual, Teknik Al-Mau’izhoh Al-hasanah, Penyesuaian Diri. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2021 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1604 |
Actions (login required)
View Item |