Castiyani, Castiyani (2025) Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Di SDN 03 Sewaka Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2319216_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2319216_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2319216_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Sopan santun sering luntur di era globalisasi karena kemajuan teknologi dan zaman. Padahal sopan santun sangat penting bagi karakter seseorang dan menentukan kemajuan dan kemunduran bangsa. Selain itu, guru-guru SDN 03 Sewaka Pemalang menghadapi banyak masalah di lapangan. Faktor-faktor seperti kebiasaan siswa yang tidak sopan di rumah, pengaruh teman sebaya yang kadang-kadang menyebabkan siswa ikut-ikutan, dan perbedaan karakter siswa semuanya menuntut guru untuk ekstra sabar dan menggunakan pendekatan individu. Contoh penyelesaiannya adalah seperti siswa yang suka motong pembicaraan, rebutan barang, atau mengeluarkan kata-kata kasar. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu memadukan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal dengan pendidikan formal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana program pembiasaan karakter sopan santun siswa di SDN 03 Sewaka Pemalang? (2) Bagaimana problematika yang dihadapi guru dalam program pembiasaan karakter sopan santun siswa di SDN 03 Sewaka Pemalang? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam program pembiasaan karakter sopan santun siswa di SDN 03 Sewaka Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program pembiasaan karakter sopan santun dan problematika dalam program pembiasaan karakter sopan santun siswa serta keberhasilannya dalam pembiasaan karakter sopan santun siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (atau deskriptif kualitatif). Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas rendah, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Peneliti telah menemukan beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, termasuk: (1) keteladan guru, guru jadi contoh langsung dalam bertutur kata, berpakaian, dan berbuat sopan. Ini sangat penting agar siswa dapat meniru secara langsung. (2) memberikan nasihat, Guru memberi nasihat kepada siswa yang bermasalah, baik secara pribadi untuk menjadi lebih sopan. (3) pemberian sanksi/hukuman, Siswa yang tidak mematuhi aturan sopan santun dapat menerima banyak peringatan dan perintah, bahkan panggilan telepon dari orang tua. Hasil menunjukkan bahwa pembiasaan program ini telah berjalan dengan baik. Siswa juga mulai memahami sopan santun dalam hal mengucapkan "tolong" dan "terima kasih", menghormati guru mereka, atau mengucapkan pelan-pelan. Mereka juga menyadari bahwa orang yang sopan disayangi oleh banyak orang dan tidak dimusuhi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | karakter sopan santun, program pembiasaan karakter, siswa kelas rendah, pendidikan karakter | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 07:49 | ||||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 07:49 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
