Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Beragama Siswa Kelas X Di SMA N 1 Pekalongan

Dzikronah, Dzikronah (2025) Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Beragama Siswa Kelas X Di SMA N 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20122014_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20122014_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena intoleransi yang masih terjadi di kalangan pelajar, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan di Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai macam agama, suku, dan budaya. Perbedaan agama, latar belakang sosial, dan lingkungan belajar sering kali menimbulkan kesenjangan dalam interaksi sosial antar siswa. Kondisi ini menunjukkan pentingnya peran guru, terutama sebagai guru Pendidikan Agama Islam, dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama melalui pembelajaran dan keteladanan. Guru Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi sosialnya mendukung dalam menciptakan keharmonisan di tengah keberagaman agama di lingkungan sekolah. Penelitian ini mengambil objek guru Pendidikan Agama Islam kelas X dan siswa kelas X di SMA N 1 Pekalongan guna mengkaji peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X dalam pembentukan karakter toleransi beragama siswa kelas X di SMA N 1 Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencangkup bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA N 1 Pekalongan, bagaimana kondisi toleransi beragama siswa kelas X, serta bagaimana peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X dalam membentuk karakter toleransi bergama siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X, menggambarkan kondisi toleransi beragama siswa kelas X, serta menjelaskan peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X dalam membentuk karakter toleransi siswa kelas X di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam kelas X, dan Siswa kelas X SMA N 1 Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA N 1 Pekalongan tergolong baik. Guru Pendidikan Agama Islam kelas X mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh warga sekolah di lingkungan SMA N 1 Pekalongan serta mendapatkan dukungan dari pihak sekolah dalam memperlebar relasi untuk meningkatkan kompetensi sosialnya. Siswa kelas X menunjukkan karakter toleransi bergama yang cukup baik, ditandai dengan sikap saling menghormati, empati, dan penerimaan terhadap perbedaan karakter toleransi beragama siswa. Guru Pendidikan Agama Islam kelas X dengan memberikan keteladanannya secara langsung, sebagai fasilitator di dalam ruang kelas, menjadi motivator dalam memberikan hal positif mengenai toleransi beragama dan sebagai mediator dalam penengah disaat pemahaman hal yang berbeda diantara dua agama yang berbeda, hal tersebut sangat berperan dalam membentuk karakter toleransi beragama siswa kelas X di lingkungan sekolah dengan keberagaman agamanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiandita, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Toleransi Beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:52
Last Modified: 10 Nov 2025 02:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item