Fitriani, Asna Nafila (2025) Problematika Guru Dalam Menghadapi Masa Transisi Siswa Di Sekolah Dasar Se Kelurahan Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321035_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (410kB) |
|
|
Text
18 LAMPIRAN revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
Abstract
Masa transisi siswa dari pendidikan anak usia dini (PAUD/TK) ke Sekolah Dasar (SD) adalah periode penting yang penuh tantangan, baik bagi siswa maupun guru. Dalam masa transisi ini, siswa menghadapi berbagai perubahan: tuntutan akademik, penyesuaian dengan lingkungan sekolah, peraturan baru, serta tuntutan sosial dan emosional. Guru SD sebagai pendidik utama di sekolah memiliki tanggung jawab membantu siswa melewati masa transisi agar dapat belajar dan beradaptasi dengan baik. Namun, guru sering mengalami problematika yang muncul dari faktor internal (pengetahuan, keterampilan, metode pembelajaran, kesiapan guru), faktor eksternal (dukungan orang tua, kebijakan sekolah, sarana dan prasarana, kondisi siswa). Problematika ini berdampak pada proses pembelajaran, suasana kelas, serta perkembangan siswa dalam menyesuaikan diri sehingga guru memerlukan solusi untuk mengatasi problematika yang terjadi pada masa transisi siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah problematika Guru Dalam Menghadapi Masa Transisi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Se Kelurahan Medono Kota Pekalongan dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam menghadapi masa transisi siswa Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primernya adalah guru SD Negeri Medono (SDN Medono 01, SDN Medono 04, SDN Medono 07, SDN Medono 08) Kota Pekalongan dengan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam dan observasi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian problematika utama yang dihadapi guru selama masa transisi di SD adalah kemandirian dalam proses pembelajaran dan kesibukan orang tua ketika sulit untuk berkomunikasi dengan guru, keterbatasan kondisi sarana dan prasarana sekolah untuk menerapkan pembelajaran pada masa transisi siswa. Solusi mengatasi permasalahan dalam menghadapi masa transisi siswa diantaranya penerapan strategi fungsi edukasional dan fungsi manajerial guru dalam membantu siswa melewati masa transisi, Program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan pembimbingan emosional guru untuk mengurangi kecemasan dan memberikan kenyamanan siswa dalam beradaptasi lingkungan yang baru, pendekatan pembelajaran sambil bermain terhadap siswa dalam beradaptasi lingkungan yang baru, inovasi penataan ruang kelas yang ramah siswa, adanya kelompok belajar dan dinamika kelompok untuk membantu siswa beradaptasi terhadap teman kelas yang baru, monitoring dan evaluasi guru dalam pembelajaran untuk memastikan masa transisi siswa ini berjalan dengan baik merupakan solusi untuk mengatasi problematika pada masa transisi siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Problematika, Transisi Sisiwa, Sekolah Dasar | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:25 | ||||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:25 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
