Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada The Gege Fun Coffee & Resto Batang)

Prasetyo, Aditya Dwi (2025) Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada The Gege Fun Coffee & Resto Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121169_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121169_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121169_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada The Gege Fun Coffee & Resto Batang). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada konsumen yang pernah melakukan pembelian di lokasi penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji f, dan Koefisien Determinasi dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 1,072 < t tabel 1,985 dan signifikansi 0,287 > 0,05. Variabel Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 3,714 > t tabel 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel lokasi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 2,719 > t tabel 1,985 dan signifikansi 0,008 < 0,05. Secara simultan, variabel Viral Marketing, Store Atmosphere dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai f hitung 24,828 > f tabel 2,70 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,427. Hal tersebut menunjukkan bahwa 42,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel viral marketing, store atmosphere dan lokasi. Sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pengelola The Gege Fun Coffee & Resto Batang perlu meningkatkan kualitas Store Atmosphere dan Lokasi, serta mengoptimalkan strategi Viral Marketing, agar keputusan pembelian konsumen semakin meningkat. Kata Kunci : Viral Marketing, Store Atmosphere, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugraha, Aditya AgungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Store Atmosphere, Lokasi, Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:37
Last Modified: 11 Nov 2025 01:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16106

Actions (login required)

View Item View Item