Azizah, Muwaffaqoh (2025) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode An-Nahdliyah Pada Santri TPQ Al-Hidayah Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2120217_FULL TEXT b5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2120217_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
2120217_COVER BAB 1 DAN BAB 5_DP.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an yang berbeda-beda di TPQ Al-Hidayah. Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar sangatlah penting bagi setiap muslim. Namun, faktanya masih ada santri yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan sesuai kaidah. Hal ini menunjukkan perlunya metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sejak dini. Salah satu metode yang digunakan di TPQ Al-Hidayah Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar adalah metode An-Nahdliyah, yang menekankan ketepatan pelafalan huruf, panjang-pendek bacaan, tajwid, dan kelancaran membaca melalui sistem ketukan atau titian murotal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menelaah penerapan metode AnNahdliyah serta efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Hidayah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah pada santri TPQ Al-Hidayah Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah pada santri TPQ Al-Hidayah Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah pada santri TPQ Al-Hidayah Desa Banjarejo Kecamatan? Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yakni kepala TPQ, ustadz dan ustadzah, dan santri TPQ AlHidayah Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode AnNahdliyah pada santri TPQ Al-Hidayah dilakukan secara sistematis dengan memperhatikan prinsip ketukan sebagai ciri khasnya yang disertai menggunakan buku panduan An-Nahdliyah yang benar. Oleh karena itu, melalui penerapan metode An-Nahdliyah, kemampuan membaca Al-Qur’an santri mengalami peningkatan secara signifikan, baik dari segi ketepatan makhraj, kesesuaian panjang-pendek bacaan, maupun kelancaran dalam melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Meskipun masih terdapat kendala, hal tersebut masih bisa diatasi oleh pendidik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Metode An-Nahdliyah, dan Santri TPQ Al-Hidayah | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 07:35 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 07:35 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
