Upaya Sekolah dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo

Zahro, Nadia Fathimatuz (2025) Upaya Sekolah dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321059_COVER _BAB 1 DAN BAB5_DP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321059_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321059_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya peran sekolah dalam menanamkan karakter disiplin sejak dini untuk membentuk siswa yang disiplin di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Fokus rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana karakter disiplin siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo; (2) Bagaimana upaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo; (3) Bagaimana tantangan dan solusi dalam penerapan upaya penanaman karakter disiplin siswa di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo dilaksanakan melalui tiga aspek utama, yaitu kebijakan sekolah, proses pembelajaran, dan lingkungan sekolah. Kepala sekolah menetapkan aturan dan sanksi edukatif, guru menjadi teladan dan pembimbing dalam pembelajaran, sedangkan lingkungan sekolah mendukung melalui pembiasaan positif dan kerja sama dengan orang tua. Tantangan yang dihadapi antara lain keterlambatan siswa dan kurangnya kedewasaan, yang diatasi dengan komunikasi intensif dan bimbingan berkelanjutan. Upaya tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa, baik secara teoretis maupun praktis, serta menjadi dasar bagi penelitian lanjutan mengenai pendidikan karakter di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Sekolah, Karakter Disiplin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:01
Last Modified: 11 Nov 2025 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item