Nadia, Irma Akhsanu (2025) Implementasi Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
|
Text
2321012_Cover Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2321012_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
2321012_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa MIS Karanganyar Tirto yang belum lancar membaca Al-Qur’an namun enggan untuk belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Apabila hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan tercipta generasi yang acuh akan Al-Qur’an. Adanya permasalahan tersebut, MIS Karanganyar Tirto Menghadirkan Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah”, program tersebut merupakan program setara Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) namun pelaksanaannya berada pada lingkup Madrasah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) bagaimana Implementasi Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan?, dan 2) Bagaimana kemampuan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an siswa Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan dan mendeskripsikan kemampuan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an siswa Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala MIS Karanganyar Tirto, Penanggungjawab, Guru, serta siswa program “Takhassus Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” MIS Karanganyar Tirto. Sumber data sekunder penelitian ini diperoleh dari jurnal, buku, dan dokumentasi terkait program “Takhassus Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Program “Takhassus Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah’ terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” sudah sesuai dengan tujuan dibentuknya program tersebut, yakni agar output yang dihasilkan berkualitas dan mampu bersaing di dunia luar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program “Takhasus Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah”, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 05:04 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 05:04 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16173 |
Available Versions of this Item
-
Implementasi Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. (deposited UNSPECIFIED)
- Implementasi Program Takhassus “Roudlotul Tarbiyah Qur’aniyah” Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. (deposited 14 Nov 2025 05:04) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
