Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas 6 Di MI Salafiyah Kalirandu Pemalang

Maulidan, Mochammad Farhan (2025) Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas 6 Di MI Salafiyah Kalirandu Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320135_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (974kB)
[img] Text
2320135_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2320135_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran fikih pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), terutama di kelas 6, masih menghadapi tantangan berupa rendahnya minat dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Kondisi ini dipengaruhi oleh dominasi metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan pembacaan teks, yang kurang responsif terhadap karakteristik perkembangan peserta didik. Selain itu, kompetensi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif masih terbatas, sehingga efektivitas pembelajaran fikih menjadi kurang optimal dan pemahaman konsep fikih siswa cenderung dangkal. Metode Role Playing sebagai alternatif pembelajaran yang berpotensi meningkatkan keterlibatan dan keaktifan siswa belum diimplementasikan secara menyeluruh dan masih minim kajian empiris yang mendalam, khususnya di MI Salafiyah Kalirandu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi metode role playing dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran fikih kelas 6 di MI Salafiyah Kalirandu?, Apa implikasi dari implementasi metode role playing dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran fikih kelas 6 di MI Salafiyah Kalirandu?, dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode role playing pada pembelajaran Fikih kelas 6?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MI Salafiyah Kalirandu dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode role playing dilaksanakan melalui tahap persiapan berupa penyusunan RPP, skenario peran, pembagian kelompok dan penyiapan alat peraga. Tahap pelaksanaan meliputi simulasi bermain peran oleh siswa dalam kelompok dengan pendampingan aktif guru, serta tahap evaluasi melalui tanya jawab, refleksi, dan presentasi pemahaman siswa. Metode ini terbukti efektif meningkatkan keaktifan, kemampuan komunikasi, serta pemahaman materi fikih secara nyata dan mendalam. Implikasi dari penerapan metode ini adalah perubahan suasana kelas menjadi lebih hidup, interaktif, serta meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian siswa dalam bertanya dan berdiskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayati, Nunung199312122023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Role playing, Keaktifan siswa, Pembelajaran Fikih,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2025 06:38
Last Modified: 12 Nov 2025 06:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item View Item