Khasanah, Nurul Uswatun (2025) Kerjasama Antara Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Guru Wali Kelas Dalam Upaya Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20122016_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (850kB) |
|
|
Text
20122016_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
20122016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
Abstract
SMP Negeri 12 Kota Pekalongan memeliki program pendidikan karakter yang sejalan dengan visi dan misi pemerintahan dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul dalam akademik juga memiliki nilai-nilai religius. Namun Peserta didik tidak hanya mengalami masalah akademis, tetapi juga berhadapan dengan berbagai pengaruh buruk dari media, pergaulan, lingkungan sosial yang dapat merusak moralitas mereka. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru wali kelas memainkan peranan penting dalam membimbing peserta didik agar tetap memiliki pondasi keimanan yang kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan karakter religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. 2) Bagaimana bentuk kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. 3) Apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah, 1) mendeskripsiskan peran guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. 2) Menganalisis bentuk kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. 3) Menganalisis kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas dalam upaya pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Hasil penelitian ini guru Pendidikan Agama Islam dengan guru wali kelas mempunyai peran yang penting dalam membentuk karakter religius peserta didik. Kedua guru tersebut saling mendukung, berkolaborasi untuk kegiatan pembentukan karakter religius. Bentuk kerjasama dibagi menjadi 2 yaitu kerjasama spontan (pembinaan karakter) dan kerjasama langsung (sholat dhuha berjamaah, BTQ, PHBI). Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu serta lingkungan dan teman sebaya, sedangkan yang masih butuh peningkatan yaitu sarana dan prasarananya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas, Karakter Religius | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 06:54 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 06:54 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
