Amelia, Risqi (2025) Persepsi Guru Tentang Pengaruh TikTok Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas V Di MIS Curug Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321141_Full Text.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2321141_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
TikTok sebagai media social di era digital telah mengtransformasi pola interaksi antar individu. TikTok menjadi aplikasi favorit di kalangan orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Fenomena meningkatnya penggunaan aplikasi TikTok di kalangan siswa sekolah dasar yang berdampak pada perubahan etika komunikasi dan perilaku sosial, baik dalam konteks positif maupun negatif. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkanmenurunnya etika da perilaku kurang pantas di kalangan anak-anak akibat penggunaan TikTok. Guru sebagai fasilitator disekolah memeberikan pandangan mengenai pengaruh TikTok terhadap etika berkomunikasi siswa. Di MIS Curug Tirto menghadapi permasalahan yang sama, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji dengan rumusan masalahnya adalah bagaimana persepsi guru tentang pengaruh TikTok terhadap etika berkomunikasi siswa kelas V. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi guru tentang pengaruh aplikasi TikTok dalam etika berkomunikasi siswa kelas V di MIS Curug Tirto Pekalongan Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru kelas V, dua guru agama, guru olahraga, serta kepala sekolah sebagai data skunder. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang mencakup tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi ganda terhadap TikTok. Di satu sisi, guru memberikan persepsi positif tentang TikTok berupa peningkatan kreativitas, kelancaran berbahasa, dan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Namun, di sisi lain, guru memberikan persepsi negatif seperti penurunan kesantunan berbahasa, melemahnya rasa hormat, serta perubahan pola komunikasi siswa yang cenderung menggunakan bahasa gaul dari konten TikTok. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh TikTok terhadap etika berkomunikasi siswa dipengaruhi oleh faktor internal seperti pengalaman guru dan literasi media, serta faktor eksternal berupa intensitas penggunaan media sosial oleh siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai etika komunikasi seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, kesantunan, dan rasa hormat belum sepenuhnya diterapkan oleh siswa karena pengaruh budaya digital yang bebas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Pengaruh TikTok, Etika Berkomunikasi | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:57 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:57 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
