Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran Ipas Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Al Fatah Cikadu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang

Hasanah, Iqna Atiqotul (2025) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran Ipas Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Al Fatah Cikadu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321180_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321180_COver_Bab I dan Bab V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sosial, dan kerjasama antar siswa. Namun dalam praktiknya masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar belum optimal. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menuntut siswa untuk aktif, berpikir ilmiah, serta mampu bekerja sama dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keatifan dan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif learning tipe TGT dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi tiga, pertama bagaimana penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS. Kedua, bagaimana perolehan awal (pretest) dan perolehan akhir (posttest) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran IPAS dan yang ketiga, bagaimana efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al Fatah Cikadu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS, perolehan awal (pretest) dan perolehan akhir (posttest) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al Fatah Cikadu . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi (eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif menggunakan Uji Gain, analisis inferensial menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 16. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada saat pretest dan postest. Namun secara pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa sangat aktif selama proses berlangsung aktivitas tersebut terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti permainan edukatif, kerjasama kelompok yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdullah, ZuhairUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Team Game Tournamen (TGT), Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:26
Last Modified: 13 Nov 2025 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item