Fajri, Dian Yasmina (2025) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III Di MI Islamiyah Degayu 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321171_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2321171_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2321171_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan manusia, di mana inti dari kegiatan belajar adalah proses memperoleh ilmu melalui tahap-tahap berpikir dan latihan berulang kali untuk mencapai pemahaman yang mendalam. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru diharapkan merancang metode yang mendorong interaksi aktif antara siswa dengan siswa, guru dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar. Hal ini menuntut kreativitas guru sebagai tolak ukur keberhasilan peserta didik, dengan fokus utama pada peningkatan motivasi belajar agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III di MI Islamiyah Degayu 01 Kota Pekalongan dan Bagaimana Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas III di MI Islamiyah Degayu 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian Lapangan (field research), dengan pendekatan kulaitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru walikelas III, dan siswa/siswi kelas III atau sumber data sekunder lainnya relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data siambil dari triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar di antaranya melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui partisipasi aktif, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan nyaman, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi, memberikan penghargaan kepada siswa, serta melibatkan siswa dalam tugas kelompok. Selain itu, guru juga menggunakan aktivitas bermain, bercerita, dan bernyanyi yang disesuaikan dengan materi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa. faktor yang mendukung keberhasilan menumbuhkan motivasi belajar adalah media pembelajaran dan keaktifan siswa. sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Motivasi Belajar | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:42 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:42 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
