Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Tholabuddin Masin

Murtafi, Rikzan (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Tholabuddin Masin. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121138_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121138_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru mencakup empat bidang utama, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) diharapkan menguasai keempat aspek tersebut agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif serta efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui berapa rata-rata kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar siswa di MA Tholabuddin Masin, (2) mengetahui berapa rata-rata kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar siswa di MA Tholabuddin Masin, dan (3) menganalisis sejauh mana kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI secara bersama-sama memengaruhi hasil belajar siswa di MA Tholabuddin Masin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 73 siswa dari MA Tholabuddin Masin. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi angket atau kuesioner serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut:(1) Kompetensi pedagogik guru PAI tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di MA Tholabuddin Masin. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = -0,494 < ttabel = 1,989 dengan nilai signifikansi 0,622 > 0,05.(2) Kompetensi profesional guru PAI juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di MA Tholabuddin Masin. Hasil ini terlihat dari nilai thitung = 1,532 < ttabel = 1,989 dan nilai signifikansi 0,129 > 0,05.(3) Secara simultan, kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui nilai Fhitung = 1,270 < Ftabel = 3,11 dengan signifikansi sebesar 0,2869 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:33
Last Modified: 13 Nov 2025 01:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item