Ainunnisa, Fitriya (2025) Pengaruh Mata Kuliah Moderasi Beragama Terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20122132_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20122132_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
20122132_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi mahasiswa, khususnya di lingkungan perguruan tinggi Islam. Dalam era modern yang ditandai oleh keberagaman dan tantangan intoleransi, mata kuliah moderasi beragama berperan penting dalam menanamkan nilai keseimbangan, keterbukaan, dan penghargaan terhadap perbedaan. Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai calon pendidik diharapkan menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sosial dan akademik. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana mata kuliah moderasi beragama di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, (2) Bagaimana tingkat sikap toleransi mahasiswa PAI, dan (3) Sejauh mana pengaruh mata kuliah moderasi beragama terhadap sikap toleransi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara pembelajaran moderasi beragama dengan peningkatan sikap toleransi mahasiswa, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang moderat dan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2022, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 72 responden. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah moderasi beragama berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap toleransi mahasiswa PAI. Semakin baik pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai moderasi, semakin tinggi pula tingkat toleransi yang mereka tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran moderasi beragama berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang inklusif, berakhlak moderat, dan mampu menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Sikap Toleransi, Mahasiswa PAI | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:20 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:20 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
