Nurhayati, Nurhayati (2025) Implementasi Organisasi Ekstrakurikuler Rohani Islam Al – Muttaqin Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2120003_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2120003_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2120003_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya karakter religius peserta didik di era modern, yang ditandai dengan rendahnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan di Sekolah. Beberapa peserta didik bahkan mulai menunjukkan gejala individualisme, kurangnya kepedulian sosial dan perilaku permisif terhadap nilai-nilai agama. Lingkungan non-formal seoerti kegiatan Rohis dapat menjadi solusi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter religius peserta didik secara konsisten. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Pekalongan? 2) Bagaimana implementasi organisasi ekstrakurikuler keagamaan Rohani Islam Al-Muttaqin dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Pekalongan serta implementasi organisasi ekstrakurikuler Rohani Islam Al-Muttaqin dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru PAI, pembina Rohis, dan peserta didik kelas X dan XI, serta menggunakan Teknik analisis data meliputi koleksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Pekalongan dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, dan pembinaan nilai melalui pembelajaran. Pembiasaan religius dilakukan melalui kegiatan rutin seperti pembacaan Asmaul Husna, sholat Dzuhur dan Ashar berjamaah, tadarus Al-Qur’an, serta pelaksanaan kegiatan keagamaan sekolah. Proses ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius terjadi secara bertahap melalui pengetahuan, pembiasaan, keteladanan, internalisasi nilai. Kesimpulannya, Dengan demikian, Rohis berperan sebagai lingkungan religius (bi’ah shalihah) yang efektif dalam menanamkan dan menguatkan karakter religius peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Rohani Islam, Karakter Religius, Peserta Didik | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:13 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:13 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
